BISNIS RESTORAN MASA KINI DARI BERBAGAI ASPEK SUDUT PANDANG

6 bulan yang lalu      Informasi Produk

 

Perubahan restoran pada zaman kini, bukanlah pada konsep-konsep ekonomisnya, tetapi pada wilayah bisnisnya yang sudah global dan heterogenitas menunya yang selalu menyesuaikan keinginan konsumen dimana restoran itu berada.

Perubahan ini ditandai munculnya restoran jenis franchise seperti McDonald, Kentucky, dan California Fried Chicken yang membuka outlet di seluruh dunia.

Interaksi lintas-bangsa lewas bisnis pariwisata memancing munculnya restoran berciri etnis atau restoran yang bermenu internasional dengan memasukkan berbagai jenis masakan-masakan populer dunia dalam menunya.

Kita dapat melihat restoran dari berbagi aspek sudut pandang dari :

  1. Aspek ekonomi atau pendidikan.
  2. Aspek kepemilikan dan permodalan.
  3. Aspek manajemen bagi restoran tersebut.
  4. Aspek stratifikasi sosial-ekonomi konsumen restoran.
  5. Aspek pemasaran yang paling tepat.
  6. Aspek pengusahaan dan pengembangan.
  7. Aspek kewilayahan - city restaurant atau resort restaurant.
  8. Aspek manfaat suatu restoran dalam konteks transportasi.
  9. Aspek menu dan segmentasi pasar.
  10. Aspek ketenangan dalam pengoperasian restoran.

Berdasarkan sepuluh aspek yang diperlihatkan oleh bisnis restoran, kita dapat menarik kesimpulan bahwa adanya usaha restoran memang memiliki nilai-nilai positif dan adanya persaingan merupakan hal yang wajar dalam dunia bisnis. Asal saja persaingan tersebut masih dalam batas-batas yang sehat dan berlaku secara alami.

Kesimpulan lain adalah, dari sepuluh aspek tersebut aspek pemasaran merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh restoran baru, restoran yang mengalami perubahan orientasi dan idealisme, atau restoran yang baru saja dibeli dari pemilik lama, kemudian akan dikembangkan.

Cara pemasaran yang setengah jalan, bersikap pasang 'buku' atau bersikap menunggu ikan masuk perangkap, sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan pemasaran pro-aktif yang segera dapat mengantisipasi segala perubahan yang terjadi dalam masyarakat pelanggan, yaitu perubahan yang menyebabkan pola bisnis berubah.

Perubahan cepat yang terjadi pada daya beli, tren menu yang disukai, tipe restoran yang diperlukan, atau layanan yang lebih bersahabat merupakan hal-hal yang amat vital dan harus selalu diperhatikan. Pengaruh eksternal yang berasal dari turis asing dan makanan-makanan asing, akan lebih membuka peluang para pengelola untuk melakukan perubahan pola pemasaran dan kebijakan yang menyangkut harga dan menu, dimana diharapakan akan menjadi kompetitif dan mampu bersaing dengan restoran lain yang merupakan saingan. Para manajer dan chef yang merupakan 'the man behind the restaurant'  dan aktor-aktor utama reatoran, harus cepat memperbaiki kinerja secara lebih konseptual, realistis, serta mampu memposisikan bisnisnya pada peluang-peluang yang ada di sekitarnya.

-

sumber : "How to Win Customers in Competitive Market : Strategi Jitu Menarik Pelanggan di Bisnis Restoran" - Barto,PH.,SE * Novianto,SH * Jubilee Enterprise 




Komentar Artikel "BISNIS RESTORAN MASA KINI DARI BERBAGAI ASPEK SUDUT PANDANG"