COVID-19 BUKAN ALASAN UNTUK BERPRILAKU BOROS

3 bulan yang lalu      terminalOPINI

Merebaknya virus Corona (COVID-19) memberikan dampak begitu besar bagi masyarakat khususnya di INDONESIA. Bahkan sebelum ada pengumuman secara resmi dari pemerintah, sudah banyak orang yang berbondong-bondong membeli masker hingga berimbas ketersedian masker yang harga jual tiga kali hingga diluar nalar dari harga normal atau sebelumnya.
Tidak dapat dipastikan tujuan penimbunan masker untuk kepentingan individu atau memanfaatkan kondisi dengan menjual diatas harga normal. Dan hal ini menjadi suatu hal yang entah bagaimana alasannya tetap menjadi pilihan untuk membeli masker dengan harga tidak normal tersebut.
Kesehatan memang tidak berharga murah, namun bukan menjadi alasan untuk berprilaku boros. Anda bisa tetap selamat dan sehat dari ancaman tertular virus Corona tanpa memiliki setok masker atau berkorban membeli masker dengan harga tidak normal.

Dilain sisi ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah melakukan aktifitas selama adanya wabah khususnya untuk menghindari tertular atau menularkan virus Corona :

 

  1. Menggunakan masker.
  2. Menggunakan sarung tangan sekali pakai (sintetis/karet).
  3. Menggunakan hand sanitizer setelah atau sebelum bersentuhan / memegang sesuatu.
  4. Penggunaan sabun "hand wash" sebagai pengganti hand sanitizer, bahkan sabun diakui lebih ampuh dalam membunuh / menghilangkan virus.
  5. Penggunaan sabun mandi saat membersihkan tubuh / mandi setelah setiap beraktifitas diluar untuk menghindari hinggap dan menetapkan virus ditubuh.
  6. Mencuci pakaian yang sehabis digunakan setelah beraktifitas diluar untuk menghindari hinggap dan menetapkan virus di pakaian.

 

STAY AT HOME

Program dan anjuran pemerintah untuk menetap (bertahan) dirumah jika memang tidak dalam keadaan terdesak atau sangat perlu adalah solusi bagi kita untuk aman dan terhindar dari tertularnya virus Corona pada saat ini.
Kondisi ini juga dapat memberikan dampak yang positif bagi pengeluaran keuangan Anda.

Alasanmengapa Andadapat lebih hematdengan hanya melakukan anjuran pemerintah adalah :

 

  • Anda tidak harus menggunakan masker jika tetap didalam rumah (kecuali memang dalam keadaan sakit).
  • Pengguna kendaraan bermotor dapat menghemat pengeluaran bahan bakar.
  • Anda tidak harus menggunakan "hand sanitizer" di setiap aktifitas Anda diluar, ketersediaan dan penggunaan air berserta sabun dirumah lebih baik dalam menghilangkan virus dan bakteri ditangan Anda.
  • Juga keutamaan penggunaan "hand wash" (sabun cuci tangan atau segala jenis sabun) sebagai langkah utama dalam membunuh atau menyingkirkan virus yang menempel.
  • Bahkan Anda dapat menghemat penggunaan sabun cuci baju dimana Anda harus mencuci pakaian setiap setelah berpergian guna menghindari hinggapnya virus Corona dipakaian Anda.
  • Dan Anda berhemat penggunaan sabun cuci tangan juga sabun mandi dimana Anda harus mandi di setiap sehabis melakukan aktifitas diluar untuk menghindari melekatnya virus di seluruh tubuh.

 

Dalam hal ini dapat dikatakan Anda telah berprilaku boros, tidak hanya dapat merugikan diri Anda sendiri namun dapat berdampak lebih buruk lagi bagi sodara kita yang sedang berjuang langsung menanggulangi wabah virus Corona saat ini.

LAKUKAN AKTIVITAS KELUAR RUMAH JIKA MEMANG BERMANFAAT UNTUK SESAMA

Pastikan Anda melakukan aktifitas keluar rumah memiliki alasan yang cukup kuat dan dapat dipastikan tidak merugikan diri Anda apa lagi orang lain dan lingkungan sekitar.
Pahami aktifitas Anda tersebut memiliki nilai pokok kepentingan yang seberapa besar sebelum melakukan aktifitas keluar rumah.

Berikut bagi Anda yang memiliki prioritas kepentingan untuk melakukan aktifitas diluar rumah diantaranya :

 

  1. Pengantar makanan/kebutuhan pokok
  2. Pengantar surat/data penting
  3. Tenaga medis (Dokter, perawat, pengantar obat, dll)
  4. Tenaga keamanan (Satpam, Polisi, TNI,dll)
  5. Tenaga transportasi umum
  6. Tenaga Komunikasi dan Informasi
  7. Tenaga Pembangkit Listrik
  8. Pedagang / Pengusaha bahan pokok

 

Bertahan dirumah adalah prioritas utama dalam menanggulangi penularan dan perkembangan wabah virus Corona. Hindari berperilaku boros, karena kebutuhan sumber daya tidak hanya untuk hari ini dan diri kita sendiri namun juga sodara dan anak cucu dimasa mendatang.

 




Komentar Artikel "COVID-19 BUKAN ALASAN UNTUK BERPRILAKU BOROS"