Istilah Medis dalam penanggulangan Corona Virus Diase (COVID)-19

3 bulan yang lalu      terminalOPINI

Dalam belakangan ini Indonesia terkena imbas dari KLB (Kejadian Luar Biasa) yang awalnya terjadi di China. Kini Indonesia mendapatkan peringatan langsung dari Presiden dan jajaran pemerintahan bahwa KLB ini telah terjadi di Indonesia. Seiring dengan ini kita dihadirkan istilah-istilah yang (mungkin) bagi kita masyarakat awam jarang mendengar dan mengetahui.. Ada PDP, ada ODP, ada SUSPECT dan ada lagi memang orang POSITIF corona serta istilah-istilah lainnya.Sehubungan dengan kondisi KLB virus Corona (COVID-19) memiliki pengertiannya berbeda.. 

Istilah dalam Corona Virus Diase (Covid-19)

  1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)
  2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
  3. Suspect (diduga terkena Virus karena sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan Orang yang Positif Corona)
  4. Positif (setelah melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain )
  5. Lockdown mengunci masuk keluar dari suatu Wilayah/Daerah/Negara
  6. Social Distancing Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar Manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak Orang.
  7. Isolasi Untuk yang Sakit mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang (mencegah perpindahan Penyakit dari Orang yang Sakit)
  8. Karantina Untuk yang Sehat, Mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang (mencegah perpindahan Penyakit ke Orang yang Sehat)
  9. WorkFromHome (WFH) Bekerja dari Rumah.
  10. Imported Case Seseorang terjangkit saat berada diluar Wilayah dimana Pasien melapor.
  11. Local Transmission Pasien tertular diWilayah dimana Kasus ditemukan.
  12. Epidemi Penyebaran Penyakit secara Cepat dengan jumlah terjangkit Banyak dan tidak Normal, Penyebaran disuatu Wilayah.
  13. Pandemi Penyebaran terjadi secara Global.

 




Komentar Artikel "Istilah Medis dalam penanggulangan Corona Virus Diase (COVID)-19"