Mode Getar Bikin Hape Cepat Rusak, Ini 4 Kebiasaan Ngerusak Lainnya

6 bulan yang lalu

hai-online.com | Dio Firdaus

Diterbitkan : 03.55, 03/05/2020

HAI-ONLINE.COM - Setiap orang pasti ingin ponselnya bisa bertahan lama, mengingat harga yang dipatok nggak lagi murah. Sehingga segala cara dilakukan agar merawat ponsel tetap bersih dan sehat. Namun nyatanya, ada beberapa kebiasaan sepele yang bikin umur ponsel pendek. Beberapa kebiasaan ini HAI yakin sering banget dilakuin banyak orang terutama anak muda. Agar ponsel kamu nggak cepat rusak, mending simak dulu nih kebiasaan apa saja yang bikin umur ponsel jadi pendek:

1. Menggunakan Mode Getar Ponsel kita sama seperti perangkat lain, semakin usang dan semakin menurun kualitasnya saat kita terus menerus menggunakannya. David Steele, seorang Direktur Pengembangan Bisnis untuk sebuah merek ponsel mengatakan bahwa mode getar (vibrate mode) adalah kebiasaan yang membuat kerja ponsel kita lebih sulit. Sama seperti kita, telepon perlu istirahat agar nggak panas dan rusak. Sedangkan mode getar biasanya membuat ponsel kita terus bekerja.

2. Membuka Aplikasi yang Sedang Nggak Digunakan Aplikasi yang nggak digunakan dapat menghabiskan masa pakai baterai ponsel. Jika kita membuka aplikasi dan nggak menggunakannya lagi, aplikasi mungkin masih berjalan di latar belakang. Menghapus aplikasi yang nggak kita gunakan atau nggak lagi kita butuhkan adalah sebuah solusi mudah. Menghapus aplikasi yang nggak kita butuhkan dapat memperpanjang usia baterai ponsel kita dan juga membebaskan ruang penyimpanan ponsel.

3. Meletakkan Ponsel di Kasur atau Bawah Bantal Menyelipkan ponsel di bawah bantal ketika kita tidur adalah cara lain untuk memperpendek umur ponsel. Hal ini karena panas ponsel yang ada di bawah bantal akan menumpuk. Bahaya tidur di dekat ponsel (freepik/rawpixel) Jika ponsel sedang diisi baterainya dan ponselmu memiliki cacat bawaan, bahkan dapat menimbulkan potensi bahaya kebakaran, lho.

4. Layar Ponsel Selalu dalam Keadaan Super Terang Terkadang kita kesulitan untuk melihat gambar dan tulisan di layar ponsel karena terlalu redup, tapi hal ini dapat membuat baterai ponsel kita cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan teman-teman mengaktifkan kecerahan adaptif di menu tampilan. Perubahan ini berarti ponsel kita akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan lingkungan kita berada. Teman-teman juga bisa mengatur tingkat kecerahan ke level serendah mungkin dan turunkan batas waktu layar menyala saat ponsel sudah nggak digunakan.

 

*ARTIKEL ASLI